Langkah Mudah Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja

 

 

Gerakan Membaca – Memiliki peran sebagai orangtua sekaligus guru kesatunya, pasti Mama memiliki keharusan penting guna mendidik seorang anak sampai ia tumbuh cerdas dan pintar.

Namun sayangnya, terkadang urusan itu tidaklah gampang untuk dilakukan. Sebelumnya, Mama mesti memahami metode belajar yang sangat optimal guna si Kecil.

Di samping itu, Mama pun harus mengetahui karakternya supaya dapat mengoreksi kembali cara yang diterapkan pada anak, apakah optimal ataukah tidak.

Maka dari itu, guna mengajarkan anak membaca, tentunya diperlukan tahapan yang lama hingga akhirnya ia lancar.

Meskipun Mama mesti melalui tahapan yang panjang ketika mengajarkan si Kecil membaca, tetapi ternyata terdapat trik eksklusif yang memungkinkan Mama mengajarkan anak menyimak dengan cepat tanpa mengeja.

1. Mengenalkan huruf dengan teknik menyenangkan

Jika anak mama belum sama sekali mengenal huruf, atau tidak cukup menguasai, etape kesatu guna mengajari anak ialah mengenalkan huruf A hingga Z.

Buatlah anak mama hafal saat menjumpai salah satu format huruf A hingga Z tersebut. Di samping itu, pastikan pun bahwa si Kecil dapat menyampaikan huruf-huruf itu dengan benar.

Misalnya saat ia melihat format huruf “B”, maka secara spontan anak mama langsung dapat mengucapkan bila huruf itu berbunyi “be”.

2. Ajarkan anak menghafal suku kata

Kemudian andai anak mama telah mengusai dan mengenal huruf, ajaklah ia menghafal suku kata. Biarkan anak menghafal suku kata dari konsonan B sampai Z, yang dibuntuti huruf vokal a,i,u,e,o.

Contoh : ba, bi, bu, be, bo hingga za, zi, zu, ze, zo. Biarkan ia hafal dan terbiasa dengan suku kata tersebut.

3. Mengajak anak menyimak suku kata bervariasi

Tahap selanjutnya ialah mencarikan kata yang ada suku kata bervariasi untuk menyuruh anak menyimak dan mengenalkannya.

Misalnya laksana bo-la, bu-ku, pa-pi, ma-mi, cu-ka, dan beda sebagainya. Pada etape ini tidak boleh dulu memperkenalkan anak dengan suku kata yang berakhiran huruf mati.